Editorial

Seberapa Penting Sih GPS Tracker?


Pintar Komputer – Dalam dunia pernavigasian, teknologi GPS ( global positioning system ) memiliki peranan sangat penting sebagai penopang perkembangannya di era serba teknologi saat ini. Jika dahulu GPS hanya digunakan untuk keperluan militer, kini sudah banyak inovasi dari teknologi ini sehingga bisa dimanfaatkan untuk keperluan selain militer.

Dalam hal apa saja GPS tracking bisa sangat bermanfaat?

Pelacakan kendaraan

GPS Tracker bisa dimanfaatkan untuk melacak keberadaan kendaraan. Umumnya GPS tracker dimanfaatkan oleh untuk kendaraan-kendaraan mahal, kendaraan yang memuat barang-barang penting, atau kebutuhan-kebutuhan lainnya.

foto: https://www.safewise.com

Misalnya perusahaan logistik yang memilki banyak aset kendaraan besar yang banyak melakukan perjalanan luar kota. Mereka memanfaatkan GPS tracker untuk memonitoring pergerakan kendaraan tersebut. Bahkan pada inovasi teknologi sudah dilengkapi banyak fitur, salah satunya owner perusahaan dapat memanage mobil dari jarak jauh, seperti mematikan mesin, menyalakan alarm peringatan, dan lain-lain.

GPS tracker bagi traveler

Baik GPS yang sudah tersedia di smartphone ataupun GPS dalam bentuk third-party (device pihak ketiga), boleh jadi sangat bermanfaat bagi traveller khususnya yang sedang melakukan ekspedisi ke tempat-tempat terpencil, terluar, bahkan terplosok. GPS bisa menjadi alat navigasi yang menunjukan arah dan lokasi. Tentu yang demikian itu sangat efesien dari segala sisi, baik waktu tenaga, dan pikiran.

Foto: https://thefarmerswifewi.com

Selain itu, GPS juga bisa menjadi alat pelacak jika terjadi keadaan paling buruk terhadap para traveller. Minimal terdapat rekam jejak lokasi-lokasi yang telah dilaluinya, kemudian dilakukan investigasi. Namun, hal ini kembali lagi pada fitur yang ada pada GPS apakah mendukung hal tersebut atau tidak. Seperti salah satu produk GPS Tracker dari AIBLUE yang beberapa fiturnya bisa dimanfaatkan untuk aktivitas ini.

GPS tracker untuk melacak perjalanann anak

Dewasa ini tidak sedikit orang tua yang memegangkan anaknya smartphone. Pada umumnya salah satu alasan para orang tua mempercayakan smartphone kepada anak-anaknya agar mudah berkomunikasi saat keadaan darurat. Meski rasa khawatir selalu membayangi karena tidak sedikit dampak negatif yang bisa ditimbulkan.

foto: https://techcrunch.com

Akan tetapi sisi positifnya kita bisa dengan mudah melacak aktivitas/perjalanan si anak dengan teknologi GPS (baik yang sudah embeded dengan smartphone maupun perangkata tambahan khusus GPS). Terlebih jika dilengkapi dengan fitur pilihan untuk keperluan parenting, pastinya akan lebih mempermudah kita mengontrol anak dari jauh.

Setelah melihat beberapa case diatas, yang ternyata peran GPS sangat berguna, tentunya akan menjadi tambahan refrensi baru bagi kita.

Bicara mengenai GPS tracking, saya kagum dengan product yang akan di launching oleh salah satu perusahaan yang mengembangkan teknologi GPS, GoFindMe. Rencananya AIBLUE akan merilis produk andalannya dalam waktu dekat. Informasi selengkap, klik tautan ini.