Editorial

Seberapa Pentingkah Besar Kapasitas RAM di Smartphone Kita? Berapa Kapasitas yang Ideal?


Hardware yang kerap menjadi perhatian utama para pengguna atau calon pembeli smartphone adalah RAM dengan dukungan prosessor yang mumpuni. Hal ini didukung dengan para vendor smartphone yang terus berlomba mengahdirkan smartphone dengan spesifikasi tinggi. Bukan semata-mata untuk pamer spesifikasi, tapi juga untuk menyesuaikan kebutuhan konsumsi RAM oleh aplikasi-aplikasi yang ada, yang memang membutuhkan ruang besar. Berbagai varian kapasitas telah ditawarakan oleh para vendor, mulai dari 1GB sampai 4GB.

Semakin besar RAM tentunya juga mempengaruhi harganya. Tapi apa daya, kebutuhan aplikasi juga tidak jarang menjadi prioritas pengguna, sehingga RAM besar akan lebih berguna. Sebenarnya, penting atau tidak RAM yang besar itu? Ditambah lagi aplikasi-aplikasi sekarang tidak jarang yang mengkonsumsi RAM besar, memilih RAM besar menjadi solusi utama.

Seberapa Pentingkah Besar Kapasitas di Smartphone Kita? Berapa Kapasitas yang Ideal?
sumber: http://pocketnow.com/

RAM, masih sama seperti yang ada pada laptop dan komputer, RAM pada smartphone juga berfungsi sebagai penyimpanan sementara. Maksudnya setiap setiap proses yang berjalan pada smartphone akan ditulis dan dihapus. Sebelum diproses di prosessor, file-file tersbut menunggu dulu di RAM. Semakin banyak aplikasi yang berjalan berasamaan, semakin besar RAM yang dikonsumsi. Sejalan dengan itu, maka semakin besar RAM semakin banyak proses yang dapat di-handle.

Pada umumnya, memory yang digunakan pada smartphone berjenis DRAM, dinamyc-RAM. Modul pada DRAM ini dapat berubah dengan cepat sehingga sangat mudah menyimpan file-file yang berbeda. Selain itu, keuntungan dari DRAM ini adalah konsumsi energi yang tergolong hemat.

Lalu, seberapa penting besar RAM di smartphone kita?

Oke, kita tahu semakin besar RAM tentunya akan sangat berpengaruh baik terhadap performa smartphone, apalagi kalau didukung dengan prosessor yang mumpuni. Kalau kita lihat aplikasi-aplikasi yang ada saat ini, rata-rata mereka sudah banyak yang memerlukan ruang besar. Misalnya aplikasi messengger (seperti BBM, Line, dan lainnya) saja sudah memakan ratusan MB memory smartphone kita. Browser chrome yang sering saya gunakan juga mampu menghabiskan RAM di atas 100MB. Belum lagi kalau kamu suka main game, terutama game 3D yang jelas memerlukan RAM besar untuk memuluskan gerak langkahnya. Hasil video audio yang dihasilkan juga berpengaruh terhadap RAM. Jadi, RAM besar sangat baik pengaruhnya terhadap performa smartphone.

 Seberapa Pentingkah Besar Kapasitas di Smartphone Kita? Berapa Kapasitas yang Ideal?

Setiap orang memiliki kebutuhan RAM yang berbeda.

Menganai ukuran yang ideal untuk RAM di smartphone balik ke kita lagi sebagai penggunanya. Karena tipe setiap pengguna itu berbeda-beda. Kalo kamu suka nge-game, ya konsekuensinya RAM 512MB jelas tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan. Pastinya kamu akan memiilih smartphone dengan kapasitas di atas 512MB. Atau jika memang kamu penggila game 3D, RAM 2GB sudah menjadi standar. Tentunya didukung dengan graphic dan processor yang mumpuni juga.

Beda orang, beda kebutuhan. Jika kamu hanya memanfaatkan smartphone kamu untuk mengaktifkan sosial media, RAM 2GB juga sudah lebih dari cukup. Kenapa gak 1GB sekalian? Kita juga harus sadar, kalau aplikasi sosmed sekarang suda memakan banyak RAM. Jadi, tidak berlebih rasanya menggunakan RAM 2GB.

Beda orang, beda kebutuhan. Kalau buat kamu yang sekedar untuk asisten bisnis, biasanya hanya dimanfaatkan untuk email, browsing, yang tidak terlalu interest ke sosmed, RAM 1GB juga sudah cukup.

 Refrensi: kompasiana.com | neowin.net


'