Uncategorized

Software Open Source Adalah Masa Depan Untuk Windows


Software Open Source Adalah Masa Depan Untuk Windows – Open Source adalah software yang bersifat gratis dan terbuka. Software ini juga sudah banyak digunakan pada Sistem Operasi Windows. Namun apakah kita yakin bahwa Software Open Source yang kita gunakan di Windows tersebut aman. Apakah tidak mengganggu privasi online dan keamanan data? Kita tidak mengetahui persis apa yang dilakukan oleh program ini.

Dunia sudah merujuk ke dunia yang lebih maju dan beberapa kalangan sudah menuntut akan kehadiran Open Source alternatif untuk program seperti Word dan Photoshop.

Jika Anda peduli akan hal ini, perhatikan hal – hal di bawah ini.

Open Source Adalah Masa Depan

Menjelang akhir 2014 lalu Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan membuka sumber .Net Framework mereka, platform kode dan lingkungan dimana banyak program Windows yang bergantung pada .Net Framework. Baru – baru ini mereka juga memutuskan untuk membuka sumber Windows Live Writer.

Kemudian disusul Apple yang segera membuat bahasa pemrograman swift mereka menjadi open source.

Ketika dua raksasa perangkat lunak di dunia yang telah berhasil membangun keberhasilannya dalam properti teknologi mulai mengadopsi filosofi Open Source, saat itulah Anda menyadari bahwa open source adalah benar – benar masa depan.

Namun apa artinya ini bagi Anda ?

Software Open Source Adalah Masa Depan Untuk Windows

Pertama dan terpenting, Software Open Source biasanya (tetapi tidak selalu) berarti perangkat lunak bebas. Sementara Photoshop, Microsoft Office, dan Maya diperlukan biaya ratusan atau ribuan dollar untuk mendapatkannya. Namun sudah ada alternatif terbuka seperti GIMP, Libre Office, dan Blender yang benar – benar bebas untuk didownload dan digunakan. Siapa yang tidak suka gratis?

Dengan open source masih memungkinkan untuk mendapatkan uang, jadi tidak terlalu buruk bagi para pengembang. Untuk menunjukkan dukungan Anda bisa mendonasikan beberapa biaya kepada para pengembang.

Kedua, pengembang lebih bertanggung jawab atas kode yang mereka buat. Dalam program yang benar – benar open source, siapa pun dapat menelusuri kode pemrograman kapan pun mereka ingin melihat, yang berarti pengembang tidak dapat menyembunyikan malware di dalam program atau melakukan hal – hal yang tidak diinginkan terhadap data Anda.

Ketiga, perangkat lunak open source cenderumg dikembangkan lebih cepat dan tahan lama. Ketika setiap orang dapat berkontribusi terhadap proyek open source, tim pengembang secara teoristis berjumlah banyak, dan oleh karena itu bug secara teratur diperbaiki dan fitur baru lebih sering ditambahkan.

Software Open Source Adalah Masa Depan Untuk Windows

Keempat, perangkat lunak open source mempromosikan kompetisi, dan kompetisi mempromosikan kualitas dan inovasi.

Catata : Hindari menggunakan SourceForge! Belum lama, terungkap terungkap bahwa sourceforge telah membajak proyek yang ditinggalkan dan membangun file instaler mereka dengan malware. Untuk keamanan kami sarankan untuk menghindari source forge.