Tips

Tips Duduk Saat Bekerja di Depan Komputer


Tips Posisi Duduk yang Benar Saat di Depan Komputer – Mungkin Anda selalu bekerja seharian dengan komputer. Dan apakah Anda pernah merasakan capai, setelah seharian bekerja di depan komputer? Beberapa diantara Anda pasti menganggapnya hal biasa. Namun, sebenarnya itu bukanlah hal yang biasa.

Hal ini mungkin bisa terjadi karena posisi duduk Anda saat berhadapan dengan komputer tidak benar, sehingga membuat badan Anda terutama pinggul terasa pegal-pegal. Hal ini sebaiknya jangan Anda biarkan begitu saja. Mungkin saja, dikemudian hari nanti akan menjadi sesuatu yang merugikan bagi Anda.

Beberapa hal mungkin bisa mempengaruhi kenyamanan Anda saat bekerja dengan komputer, seperti posisi meja, posisi monitor, dan yang tidak kalah penting posisi duduk Anda. Dan dibawah ini adalah beberapa tips saat Anda bekerja dengan komputer.

1. Posisi Meja

Meja merupakan properti yang selalu kita jumpai saat menggunakan komputer. Adalah hal yang melelahkan jika seharian bekerja dengan komputer tanpa menggunakan meja. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kenyamanan bekerja dengan komputer. Diantaranya adalah sebagai beriktu:

  • Keyboard sebaiknya diletakan pada posisi yang membuat lengan Anda nyaman.
  • Sentuhlah keyboard dengan ringan dan jaga pergelangan tetap lurus.
  • Saat menggunakan keyboard, usahakan posisi antara lengan dan keyboard membentuk sudut 90 derajat.
  • Saaat mengetik, sebaiknya, pergelangan tangan Anda tidak berubah posisi. Dan hanya mengunakan jari-jemari saja untuk mengetik.
  • Posisi mouse sejajar dengan keyboard, agar pergelangan tangan tetap lurus dan Anda memudahkan untuk menjangkaunya.

Keyboard dan mouse merupakan 2 perangkat yang akrab dengan komputer. Dua perangkat ini selalu mendampingi para pengguna saat bekerja dengan komputer. Untuk itu, tidak ada salahnya kita mengatur posisi kedua perangkat ini demi kenyamanan bekerja.

2. Posisi Monitor

Monitor merupakan alat output komputer. Yang mana setiap data yang diproses akan ditampilkan pada perangkat ini. Mengatur posisi monitor juga tidak kalah pentingnya untuk kenyamanan Anda bekerja. Ya, di layar monitor inilah mata Anda selalu tertuju. Dibawah ini adalah beberapa tips mengtur posisi monitor yang bisa Anda lakukan untuk kenyamanan bekerja:

  • Bagian Atas layar sejajar dengan mata atau dibawahnya sedikit.
  • Atur jarak monitor ke mata sekitar 50-60 centimeter.
  • Sesuaikan tingkat kecerahan dan ketajaman monitor yang dirasa cukup nyaman pada mata Anda.

Posisi monitor yag salah bisa menyebabkan leher kita cepat pegal. Selain itu, mata kita yang melihat pun bisa cepat lelah. oleh karena itu, memaksimalkan posisi monitor bisa menambah kenyamanan Anda bekerja.

3. Posisi Duduk

Mengatur posisi Anda duduk merupakan hal yang paling penting. Pasalnya kenyamanan untuk bekerja lama di depan komputer sangat ditentukan dengan posisi duduk Anda. Jika Anda sudah tidak merasa nyaman duduk, bisa menyebabkan Anda tidak betah dan pasti mengganggu kerja Anda. Beberapa tips ini bisa Anda coba untuk mendapatkan posisi yang nyaman saat duduk di depan komputer:

  • Gunakan kursi dengan tinggi selutut, sehingga saat duduk posisi paha Anda menjadi sejajar dengan lantai.
  • Pemilihan kursi tersebut juga membuat telapak kaki Anda bisa menapak dengan pas di lantai
  • Punggung bagian bawah Anda tertopang oleh sandaran kursi sehingga bisa tetap tegak.
  • Usahakan untuk tidak membungkuk namun tetap santai dan rileks.
  • Posisi kepala tegak dan tidak condong ke depan untuk mengurangi ketegangan leher.
  • Jika Anda duduk dalam waktu yang cukup lama, sesekali ubah posisi duduk Anda.
Semoga beberapa Tips Bekerja di Depan Komputer  ini dapat membantu Anda saat bekerja di depan komputer. Terutama untuk mengurangi pegal-pegal yang sebelumnya sering dirasakan. Posisi Anda nyaman, sudah pasti pekerjaan bisa terselsaikan dengan baik bukan?

'