Uncategorized

Tips Pemula, Mudahnya Membongkar Serta Merakit PC Dengan Aman


Tips Pemula, Mudahnya Membongkar Serta Merakit PC Dengan Aman -Bagi seorang pemula, membongkar ataupun merakit PC tidaklah gampang. Saya pun pernah merasakan saat-saat seperti ini, dimana pada ketika itu saya merasa tidak percaya diri saat akan praktek merakit PC.

Nah untuk itu, sebelum kita melakukan pembongkaran serta merakit sebuah PC, alangkah baiknya kita pelajari dulu konsep dasarnya. Dan melalui artikel inilah saya akan coba membagikan 5 tips sederhana yang saya lakukan ketika akan membongkar dan merakit PC. Kelima tips ini juga bisa Anda terapkan, khususnya bagi yang masih pemula.

Tips Pemula, Mudahnya Membongkar Serta Merakit PC Dengan Aman

Berikut adalah lima tips yang semoga saja bisa membantu memudahkan pekerjaan merakit PC Anda.

Tips 1: Menyiapkan peralatan yang akan digunakan
Alangkah baiknya jika kita menyiapkan terlebih dahulu peralatan apa saja yang kiranya diperlukan untuk melakukan pembongkaran serta perakitan PC. Alat seperti obeng ataupun tang akan sangat membantu. terlebih jika tersedia dalam segala ukuran (kecil dan besar).

Tips 2: Lakukan di ruangan tertutup dan sejuk
Akan sangat disarankan untuk melakukan pekerjaan ini diruangan yang tertutup serta sejuk. Jika tidak memungkinkan diruangan tertutup, minimal tempat yang kita gunakan untuk membongkar dan merakit bersih dari debu. Agar pada saat semua komponen dalam keadaan terbuka, kecil kemungkinan untuk terkena debu. Dan jangan lupa tempatnya harus dalam keadaan sejuk. Jika berada di ruangan sangat panas, bisa saja keringat yang mengucur akan menetes ke komponen bagian dalam. Tentu hal ini sangat tidak diinginkan bukan?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tips 3: Pastikan tidak ada arus listrik yang masuk
Ini merupakan faktor utama yang harus diperhatikan, karena sering memicu berbagai kecelakaan. Misal, mulai dari yang sederhana, kerusakan komponen, tersengat listrik, bahkan bukan tidak mungkin bisa menyebabkan kebakaran, yang diakibatkan konsleting listrik. Oleh karena itu pastikan dulu semua sumber listrik sudah tidak terhubung lagi pada komputer, baru setelah itu bisa melakukan pembongkaran serta perakitan PC.

Tips 4: Jangan paksakan komponen yang sulit terpasang
Biasanya kita sering ceroboh dalam melakukan pemasangan komponen. Terlebih pada orang awam, hal ini sudah tidak jarang lagi ditemui. Misal pada saat pemasangan prosessor, RAM, Vga Card,. Sebaiknya kita melakukannya dengan penuh perasaan. Jika kita rasa komponen tidak bisa terpasang, ya jangan dipaksakan. Sebaiknya diperiksa dulu, biasanya posisi komponen belum pas dengan slotnya.

Tips 5: Tanyakan pada ahlinya jika kurang mengerti
Jika kita merasa kurang paham atau tidak tahu sama sekali, sebaiknya tanyakan pada ahlinya. Jangan jadi sok tau, bukannya terpaang dengan baik, malah masalah yang kita dapat. Sang ahli yang dimaksud tidak selalu seseorang yang dianggap senior, bisa saja dari buku-buku panduan, dan literatur lainnya.

Itulah 5 tips mudah membongkar serta merakit PC dari saya. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.


'