Uncategorized

Waspada! 6 Kebiasaan yang Membuat Baterai Ponsel Cepat Rusak


Waspada! 6 Kebiasaan yang Membuat Baterai Ponsel Cepat Rusak – Baterai, ya, ini adalah salah satu komponen dari ponsel yang paling riskan mengalami kerusakan. Bahkan baterai ini bisa jadi komponen pertama yang bakal rusak sebelum komponen lain (kebanyakan kasus seperti ini). Kita tahu sendiri, kalau mengganti baterai itu memerlkan biaya yang tidak sedikit. Dan lagi, kalau baterai sudah tidak layak pakai dan tidak kunjung diganti, ada kemungkinan akan menggelembung, dan kemungkinan terparah adalah meledak dan terbakar.

Waspada! 6 Kebiasaan yang Membuat Baterai Ponsel Cepat Rusak
Image: Flickr.com

Mengenai penyebab kerusakan baterai, saya rasa tidak ada yang beda dari setiap kasus yang ada. Kebanyakan adalah para pengguna ponsel yang tidak terlalu memikirkan kondisi baterai, karena mereka lebih memperhatikan kondisi fisik dari ponselnya. Selain itu, ada juga beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh kebanyakan pengguna ponsel sehingga baterai mudah rusak.

1. Sering di-Charge Semalaman

Memang paling enak kalau men-charge ponsel ketika kita hendak tidur. Sehingga kita tidak perlu merasa membuang waktu menunggu baterai terisi penuh, karena ketika kita bangun esok harinya baterai sudah terisi penuh.

Namun, kebiasaan seperti ini jangan terus dilakukan karena tidak baik untuk kondisi baterai itu sendiri. Karena selama semalam penuh baterai akan terus terisi meskipun sudah full, dan inilah yang sering menyebabkan baterai bocor. Jadi, kalau sedang men-charge HP, usahakan langsung mencabut kabel setelah terisi penuh.

2. HP/Ponsel Tidak Pernah Dimatikan

Sama seperti komputer atau juga laptop, tidak baik kalau terus-terusan dalam kondisi menyala. HP pun perlu waktu untuk istirahat. Karena jika selalu digunakan tanpa henti (terus-terusan), bisa-bisa bukan hanya baterai saja yang akan mengalami kerusakan, tetapi komponen lain pun bisa mengalami dapak buruknya. Waktu yang pas untuk mematikannya adalah ketika kamu tidak lagi menggunakannya, seperti saat tidur di malam hari. Dengan begini kinerja baterai akan selalu terjaga.

3. Terus Dimainkan Saat di-Charge

Kondisi yang baik ketika baterai HP sedang di-charge adalah dimatikan atau minimal tidak digunakan sama sekali. Namun, nyatanya hal ini sangat sulit dilakkan oleh banyak orang, karena mereka tidak ingin melewatkan momen-momen chatingan dengan rekan sejawat, telepon, bahkan bermain game. Meski banyak dari mereka yang sadar akan bahaya dari kebiasaan ini, tapi masih saja banyak yang melakukannya.

Kebiasaan buruk ini akan mengakibatkan suhu pada HP meningkat dan bisa merusak sel pada baterainya.

Advertisement

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

4. Tidak Menggunakan Charger Asli (tidak sesuai spesifikasi)

Banyak pengguna ponsel yang tidak terlalu memperhatikan charger yang mereka gunakan untuk mengisi baterai ponselnya. Memang sih, baterai kamu masih bisa terisi sampai penuh dan tidak terlihat masalah apapun saat sedang diisi. Namun, sebenarnya kebiasaan ini bisa mengakibatkan baterai kamu rusak.

Menggunakan charger bajakan tidak akan menjamin keamanan dan kenyamanan. Dan pastinya kualitas dari charger tersebut selalu dipertanyakan. Karena spesifikasi yang dimiliki bisa saja tidak sesuai dengan HP kamu.

5. Sebelum Penuh, Charger Sudah Dilepas

Ini biasanya terjadi bila kamu sedang buru-buru. Sadar ataupun tidak, kamu akan segera mencabut charger pada ponsel kamu meski baterai belum terisi penuh. Perlu kamu ketahui bahwa kebiasaan ini juga bisa merusak baterai ponsel.

6. Terus Dipakai Meski Suhunya Panas

Suhu panas dari smartphone juga dapat mempercepat kerusakan baterai loh. Udara panas di area ponsel bisa saja meningkatkan suhu pada mesin dan
baterai ponsel sehingga ponsel menjadi rusak. Oleh sebab itu kurangilah
menggunakan ponsel di luar ruangan terutama jika terkena matahari secara
langsung.

Itulah 6 kebiasaan yang bakal membuatkan baterai ponselmu cepat rusak. Ingat ya, baterai ponsel itu amat penting keberadaannya dan juga salah satu komponen yang paling riskan. Jadi, perhatian khusus pun bisa sangat berarti untuk kelangsungannya. Semoga bermanfaat. 🙂