3 Cara Menghemat Tagihan Listrik Anda Di Rumah - Pintar Komputer 3 Cara Menghemat Tagihan Listrik Anda Di Rumah - Pintar Komputer
Editorial

3 Cara Menghemat Tagihan Listrik Anda Di Rumah


Sebagian besar perangkat kebutuhan sehari-hari menggunakan listrik. Tak heran bila penggunaan listrik semakin dibutuhkan banyak orang baik untuk menghidupkan alat listrik seperti TV, AC, rice cooker, gadget, dan lainnya.

Listrik bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan dasar atau pokok dalam kehidupan sehari-hari. Namun bila digunakan dalam waktu yang lama, dapat membuat iuran atau tagihan listrik membengkak dan membuat pengeluaran Anda menjadi tidak menentu.

Meskipun sudah banyak fitur alat elektronik dan pengisi daya gadget yang dibilang “hemat listrik”, bukan berarti Anda juga bisa memasang perangkat tersebut seenaknya. Dibutuhkan cara yang tepat agar bisa menghemat listrik sehingga tagihan tidak membengkak.

Supaya lebih jelas, artikel ini akan membahas mengenai 3 cara menghemat tagihan listrik di rumah. Beberapa langkah yang dapat dilakukan adalah:

1. Gunakan Alat Elektronik yang Sesuai Kebutuhan

Cara termudah dalam menghemat listrik di rumah adalah dan menggunakan alat elektronik sesuai kebutuhan. Kebutuhan yang dimaksud adalah dengan mematikan alat-alat listrik yang tidak dipergunakan atau tidak digunakan saat ini.

Salah satu contoh kebiasaan buruk yang sering dilakukan adalah dengan membiarkan alat-alat elektronik seperti charger, TV, radio atau komputer menyala. Listrik akan selalu mengalir dan terbuang percuma karena Anda membiarkannya. Untuk itu cobalah mencabut colokan listrik bila tidak diperlukan.

Menggunakan alat elektronik yang sesuai dengan kebutuhan juga berkaitan dengan membeli alat elektronik yang hemat energi. Bila Anda memiliki mesin cuci misalnya, maka pilihlah dengan daya yang tidak terlalu besar, karena semakin tinggi kapasitas mesin cuci, maka semakin tinggi pula pemakaian listrik yang digunakan.

Contoh lain yang sering menggunakan daya listrik yang banyak adalah dari dispenser. Jika Anda tidak terlalu memerlukannya, maka disarankan untuk tidak membeli produk tersebut. Intinya belilah alat elektronik yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari dan yang hemat listrik.

2. Pilih Listrik Prabayar

Memiliki listrik prabayar atau listrik pulsa juga menjadi hal yang bijak untuk menghemat listrik. Pulsa yang terdapat pada listrik rumah dapat disesuaikan dengan pengeluaran Anda sehingga menjadi lebih hemat iuran dan daya listrik di rumah.

Ada banyak manfaat lain yang didapat ketika Anda menggunakan listrik prabayar atau dengan pulsa, beberapa diantaranya seperti instalasinya yang mudah, praktis dan mudah digunakan, tidak ada lagi biaya bulanan, serta privasi pelanggan yang lebih terjamin. Tak heran bahwa alat listrik token atau pulsa cukup digandrungi oleh banyak orang sampai saat ini.

Listrik prabayar atau token juga dianggap sebagai hal yang menguntungkan. Ini dikarenakan cara kerjanya mudah karena alat ini akan berhenti beroperasi bila sudah kehabisan pulsa, layaknya saat Anda menggunakan pulsa handphone atau smartphone. Listrik pulsa atau token bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin menghemat tagihan.

3. Matikan Seluruh Perangkat Elektronik Sebelum Tidur

Hal yang paling sering terjadi mengapa iuran listrik membengkak adalah karena Anda tidak mematikan seluruh perangkat listrik yang sudah digunakan. Waktu beristirahat adalah waktu panjang, sehingga menghidupkan perangkat listrik di waktu istirahat adalah sesuatu yang sangat sia-sia.

Untuk memperkecil pengeluaran Anda, cobalah untuk selalu cabut berbagai perangkat listrik yang tidak diperlukan saat tidur seperti televisi, lampu, charger perangkat smartphone atau laptop.

Khusus untuk gadget seperti laptop dan smartphone, disarankan sekali untuk tidak melakukan pengisian daya saat Anda tertidur. Hal ini akan menyebabkan munculnya masalah pada baterai gadget yang menggembung dan membuat charger Anda menjadi rusak. Penting sekali bagi Anda untuk mematikan daya yang tidak diperlukan saat tertidur.

Penutup

Ada banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran listrik di rumah Anda, beberapa cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memasang lampu yang hemat energi, usahakan jangan menggunakan lampu di siang hari, periksa semua alat listrik yang menyala saat Anda bepergian, dan gunakan AC yang hemat listrik jika dibutuhkan.

Saat Anda melakukan hal-hal tersebut, setidaknya daya listrik yang digunakan menjadi lebih hemat dan membuat pengeluaran Anda menjadi berkurang.

Itulah berbagai cara bagaimana menghemat tagihan listrik di rumah Anda, semoga Anda bisa menghemat pengeluaran listrik menjadi lebih hemat dan dapat membeli perlengkapan elektronik yang hemat listrik dan ramah lingkungan.


Follow Instagram @pintarkomputercom