Bagaimana Cara Membuat Video Online Untuk Saluran YouTube? - Pintar Komputer Bagaimana Cara Membuat Video Online Untuk Saluran YouTube? - Pintar Komputer
Tips

Bagaimana Cara Membuat Video Online Untuk Saluran YouTube?


“YouTube sebagai platform tidak memiliki video sendiri, tetapi ada jutaan video pendek dan video YouTube yang diunggah di platform.”

Pernyataan yang diberikan di atas bukanlah kutipan atau kata-kata emas; sebaliknya, itu adalah fakta. Ini menunjukkan betapa pentingnya konten video dari waktu ke waktu, menjadikan YouTube sebagai bagian integral dari ekosistem. Baik itu influencer atau merek besar, semua orang membutuhkan daya tarik untuk bisnis, dan YouTube adalah salah satu platform yang telah membantu melakukannya. 

Selama bertahun-tahun, pengguna di YouTube telah meningkat secara signifikan, itulah sebabnya semakin banyak pembuat konten video muncul di internet. Jika Anda menginginkan beberapa tips yang dapat membantu dalam membuat video online untuk saluran Anda, ini dia:

1. Pilih topik yang tepat

Salah satu hal terpenting tentang membuat video online adalah memilih topik yang tepat. Begitulah cara membuat konten yang sukses mendapatkan ketenaran mereka. Tentu saja, sebagai seorang kreator, Anda memiliki kebebasan untuk membuat konten yang lucu, karismatik, cerdas, atau apa pun yang Anda rasa baik-baik saja. Tetapi bahkan setelah semua ini, Anda harus memberi nilai pada konten Anda. Jadikan video menyenangkan sambil memberikan beberapa hal penting kepada pemirsa Anda. 

Di platform media sosial apa pun, Anda tidak hanya harus memikirkan diri sendiri tetapi juga audiens. Hal yang sama terjadi di YouTube. Jadi tolong fokus pada penonton dan lihat apa yang mereka inginkan.

2. Temukan audiens Anda terlebih dahulu.

Poin penting lainnya untuk direnungkan adalah audiens Anda. Tidak semua orang menyukai konten Anda. Tidak semua orang akan melihat konten Anda. Jadi berdasarkan tema konten Anda, Anda harus memutuskan seperti apa audiens Anda nantinya. Apa kelompok usia, jenis kelamin, wilayah, dan hal-hal lain juga harus dipertimbangkan. Setelah Anda mengetahui hal ini, akan lebih mudah untuk berkonsentrasi pada konten Anda. Juga, ini adalah bagian dari penelitian Anda. Pastikan bahwa Anda memberikan 100% Anda pada titik ini. 

3. Tentukan alat

Anda Anda mungkin tidak dapat memulai saluran YouTube Anda kecuali Anda memiliki terbaik  penyunting video YouTube, bukan? Ada begitu banyak pilihan untuk membuat video profesional. Baca dan pelajari tentang mereka, periksa mana yang lebih baik, dan pastikan Anda benar. Artinya, letakkan tangan Anda di atas alat dan mulailah mempraktekkannya. 

4. Belajar dari tutorial

Jika Anda memulai dari awal, lebih baik mencari saluran lain di ceruk yang sama. Anda bisa belajar banyak dari orang-orang yang bekerja di bidang yang sama dengan yang Anda rencanakan. Ini tidak hanya akan memberi Anda jalur yang pasti, tetapi juga wawasan tentang bagaimana Anda dapat mengejar keinginan Anda untuk membuat video. 

5. Terus belajar dari kesalahan Anda.

Banyak pencipta berpikir bahwa kesempurnaan adalah apa yang harus mereka cari. Tapi di dunia media sosial, tidak ada yang namanya kesempurnaan. Anda tidak pernah mendapatkan video yang sempurna karena akan ada seseorang yang bisa melihat kekurangan dalam video Anda. Jadi tidak apa-apa untuk membuat kesalahan dalam video Anda pada awalnya. Namun seiring waktu, cobalah untuk belajar dari mereka dan tidak mengulanginya.

6. Buat tim

Tidak selalu, tetapi sebagian besar waktu, buat bagus  konten video yang di YouTube tidak pernah merupakan pekerjaan satu orang. Jadi sebelum Anda mulai membuat video online, pastikan Anda memiliki tim yang akan mendukung Anda. Dari pemotretan/ perekaman hingga pengeditan dan pemeriksaan akhir. Semakin banyak orang (ahli) yang akan Anda sertakan, semakin baik jadinya. 

7. Cobalah untuk mencari topik yang lebih baik.

Anda mungkin setuju dengan ini; tempat terbaik untuk menemukan topik adalah bagian komentar Anda, bukan? Cobalah untuk mencari isu-isu baru dan ide-ide baru. Jika Anda terus memilih masalah yang sudah dibahas dan orang-orang telah mengerjakannya, itu menjadi membosankan. Juga, konten segar selalu diberi peringkat, dan orang-orang suka menonton konten baru.

8. Peralatan juga penting.

Kewalahan dan merasa tidak enak karena tidak memiliki alat yang tepat dapat menghalangi Anda membuat video online dengan cara yang lebih baik. Jadi, untuk memastikan Anda tidak menghadapi masalah ini, siapkan semua peralatan. Tidak ada keraguan bahwa semakin baik peralatan yang Anda gunakan, semakin baik video Anda nantinya. 

10. Menerangi subjek

Untuk setiap video yang Anda buat, ada banyak hal yang harus Anda ingat, dan salah satunya adalah menciptakan pencahayaan yang baik di sekitar diri Anda. Siapa atau apa pun subjek video Anda, periksa apakah pencahayaannya sesuai dengan subjek atau tidak. Benar, editor video akan membantu Anda membuat konten yang bagus, tetapi jika Anda merekam video dengan pencahayaan yang baik, video akan menjadi menarik secara alami. 

11. Video instruksional juga membantu

Anda tahu tentang konten Anda, Anda tahu tentang editor, Anda memiliki kru untuk menangani semuanya, tetapi pastikan Anda menonton beberapa video instruksional yang akan memandu Anda dalam membuat video yang lebih baik. Anda tahu, semakin banyak Anda menonton video instruksional, semakin sedikit kesalahan yang Anda buat. Beberapa pakar teknologi memberitahu pembuat konten tentang algoritma baru yang muncul di YouTube. 

Di antara semua poin yang diberikan di atas, dalam satu atau lain cara, memilikibagus editor video yang, tim, dan banyak ide segar akan menjadi kunci untuk membuat video online untuk saluran Anda. Saat ini, konten ada di sekitar Anda; hanya perlu sepasang mata elang untuk mengetahui apa yang sesuai dengan saluran Anda.


Follow Instagram @pintarkomputercom