Cara Cek Domain .id dan Kelebihannya Untuk Bisnis - Pintar Komputer Cara Cek Domain .id dan Kelebihannya Untuk Bisnis - Pintar Komputer
Editorial

Cara Cek Domain .id dan Kelebihannya Untuk Bisnis


Nama domain  pada suatu website bisnis, memiliki peran yang sangat penting. Itulah yang menjadi alasan kenapa Anda harus tahu bagaimana cara cek domain .id untuk website yang akan dibuat. Nah, bagi yang belum tahu, di sini akan dijelaskan cara-caranya kepada Anda.

Mengenal Ekstensi Domain .id

Sebelum menjelaskan cara cek domain .id, alangkah baiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan ekstensi ini. .id adalah salah satu bagian dari Country Code Top Level Domain, atau yang akrab dengan sebutan ccTLD.

Ekstensi ini, merupakan jenis domain yang khusus untuk website-website yang berada di dalam Indonesia. Ekstensi dua huruf ini, difungsikan untuk memudahkan kita dalam mengenali asal negara dari website terkait.

Sebagai informasi, ccTLD, adalah jenis ekstensi yang sudah digunakan sejak dari tahun 1985. Ekstensi ini pertama kali dikenalkan oleh domain .US asal Amerika, .IL asal Israel, dan .UK asal Inggris.

Nah, sedangkan .id sendiri, mulai dipakai sekitar pada tahun 1993, meski sudah terlahir sejak tahun 1990.

Pada tahun 2007, semua hal yang berkaitan dengan ekstensi .id, diatur oleh Pengelola Nama Domain Indonesia, atau PANDI yang diawasi oleh Kominfo pada waktu itu. PANDI bahkan sempat mengungkapkan, bahwa peminat domain .id ini, terus mengalami peningkatan.

Kelebihan Ekstensi .id   

.id adalah ekstensi yang tidak hanya sekedar populer saja. Domain ini juga memiliki sejumlah keunggulan-keunggulan sebagai berikut:

1.   Memiliki Kredibilitas Tinggi

Domain berekstensi .id banyak diminati karena lebih terpercaya. Pasalnya, proses pembuatan domain ini, memerlukan kartu identitas resmi, seperti KTP maupun dokumen-dokumen penting lainnya.

Itu artinya, pemilik website dengan ekstensi tersebut, harus berhati-hati dalam menyajikan konten.

2.   Akses Website Lebih Cepat

Salah satu penilaian kualitas suatu website bisa kita lihat dari kecepatannya. Semakin cepat website tersebut, maka semakin bagus untuk SEO dan traffic/pengunjung. Hal tersebut dikarenakan, domain .id mampu meningkatkan kecepatan akses pada website.

Domain Name Server (DNS) dari ekstensi ini, berasal dari Indonesia. Itulah kenapa, akses website akan menjadi lebih optimal dan cepat. Kecepatan website secara langsung akan berpengaruh pada pengalaman pengunjung dan performa SEO.

3.   Berpotensi Mendapatkan Ranking Tinggi di Mesin Pencari

Seperti yang kami singgung di atas, kecepatan website berpotensi pada performa SEO. Alhasil, website berpotensi untuk mendapatkan posisi yang bagus di search engine. Artinya, cocok sekali untuk Anda yang mengincar traffic tinggi, khususnya di wilayah negara Indonesia.

Menurut MOZ, website yang menggunakan ekstensi ccTLD, ranking-nya di Google akan meningkat. Pasalnya, sistem Google akan mendeteksi bahwa website .id, relevan dan berkaitan dengan area tertentu.

4.   Penggunaan Aman dan Nyaman

Untuk memiliki ekstensi .id, Anda harus mendaftarkan diri dengan persyaratan KTP maupun dokumen legalitas lainnya. Artinya, sistem keamanannya tergolong aman dan memberikan kenyamanan.

Jika ada tindakan yang melanggar hukum, maka PANDI akan memblokir website tersebut. Artinya, Anda akan menjamin keamanan website bagi para pengunjung. Selain itu, membangun kepercayaan pengunjung atau konsumen adalah salah satu dari strategi digital marketing.

5.   Tersedia Banyak Pilihan Nama Domain

Dibandingkan dengan ekstensi .COM, ketersediaan nama untuk domain .id jauh lebih banyak. Silahkan cek domain .id terlebih dahulu, kemudian cari nama yang Anda butuhkan. Kemudian, silahkan bandingkan dengan domain .COM. pasti ketersediaan .id jauh lebih banyak.

Selain itu, beli domain .id saat ini sudah semakin mudah. Pasalnya, ada cukup banyak penyedia layanan yang kredibel di Indonesia.

Cara Mengecek Ketersediaan Domain .id

Untuk Anda yang ingin beli domain .id, silahkan cek ketersediaan nama terlebih dahulu. Dalam membuat website, mencari nama domain yang sesuai bisa saja menjadi sulit. Pasalnya, nama yang sudah Anda siapkan, mungkin sudah dibeli atau didaftarkan oleh orang lain.

Silahkan Anda ketahui cara cek domain .id terlebih dahulu guna mengetahui ketersediaannya. Berikut kami jelaskan langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Cari dan masuk ke website yang menyediakan fitur cek domain
  • Masukkan nama domain yang sudah disiapkan
  • Pilih ekstensi .id
  • Tunggu beberapa saat hingga keluar hasilnya
  • Jika nama tersedia, Anda bisa langsung mendaftar atau membelinya
  • Jika nama tidak tersedia, berarti sudah digunakan oleh orang lain

Apa Itu fitur Cek Domain?

Fitur cek domain, dalam sebuah tool gratis yang disediakan oleh perusahaan layanan penyedia hosting dan domain. Artinya, cek domain .id menggunakan fitur ini bisa dilakukan di website penyedia layanan mana saja secara gratis.

Fitur tersebut sangat mudah sekali digunakan. Bahkan, hasil domain yang Anda cari akan keluar secara cepat. Selain digunakan sebagai tempat pengecekan domain .id, juga bisa digunakan untuk pencarian nama domain pada ekstensi lain. Misalnya, nama-nama lain untuk ekstensi .COM, .NET, dan masih banyak lainnya.

Hal yang Harus Dilakukan Setelah Cek Domain

Sederhananya, jika kita sudah mengecek ketersediaan domain, maka langkah selanjutnya adalah beli domain .id. Tujuannya agar proses pembuatan website bisa langsung dikerjakan. Atau, bisa juga untuk mengamankan nama website sebelum didaftarkan atau dibeli oleh orang lain.

Artinya, jika nama tersedia, sebaiknya daftarkan langsung nama tersebut. Lalu, bagaimana jika nama tersebut sudah dimiliki oleh orang lain? Ada beberapa opsi lain yang bisa Anda lakukan sebagai berikut:

1.   Membeli Nama Domain yang Sudah Dimiliki Orang Lain

Banyak pihak yang terbuka untuk menjual nama domainnya ke orang lain. Bagi Anda yang benar-benar ingin menggunakan nama yang sudah dimiliki orang lain, bisa menempuh cara yang satu ini.

Pertama-tama, ketahui terlebih dahulu pemilik nama domain tersebut. Untuk mencari informasi kepemilikan nama domain, Anda bisa menggunakan situs pencarian domain yang dikenal dengan sebutan WHOIS.

Melalui situs pencarian WHOIS, Anda bisa mendapatkan informasi terkait nama, alamat email, hingga nomor telepon si pemilik. Kemudian, Anda bisa bernegosiasi dengannya, siapa tahu si pemilik mau menjualnya kepada Anda.

2.   Pilih Opsi Nama Lain Namun Tetap Relevan

Sayangnya, tidak semua orang yang sudah memiliki suatu nama domain, tertarik untuk menjualnya kembali. Kalaupun ada, nama domain tersebut akan lebih mahal. Lalu, bagaimana solusinya jika Anda tidak bisa mendapatkannya? Caranya adalah dengan menyiapkan opsi nama lain.

Cari nama lain yang masih tetap berkaitan. Misalnya, rencana awal Anda yaitu mendaftarkan nama domain jualkaosmurah.id, ternyata sudah ada yang memiliki. Anda bisa mengubah menjadi jualkaos.id, kaosmurah.id, dan lainnya sebagai opsi nama cadangan.

3.   Mengganti Ekstensi

Cara ini hanya untuk Anda yang tidak keberatan mengganti ekstensi .id, ke ekstensi lain. Jika keberatan, Anda boleh skip opsi memilih nama yang sudah didaftarkan oleh orang lain ini, dan memilih dua opsi di atas saja.

Jika nama domain, contohnya seperti kaosmurah.id sudah ada, Anda bisa mengganti ke ekstensi lain. Contohnya, kaosmurah.com, kaosmurah.net, dan ekstensi lainnya.  Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan nama yang sesuai dengan yang direncanakan.

Itulah cara cek domain .id, yang bisa Anda lakukan untuk mencari nama website yang diinginkan. Silahkan cek melalui website-website penyedia layanan hosting dan domain secara gratis. 


Follow Instagram @pintarkomputercom